STIE CKU NEWS – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Karya Utama (STIE CKU) Semarang menggelar temu alumni di Kampus CKU, Candisari Kota Semarang. Temu alumni yang sekaligus reorganisasi ikatan alumni ini berlangsung secara daring dan luring terbatas di kampus STIE CKU Semarang. Dalam pertemuan kali ini, kampus juga meresmikan Alumni Lounge. Dimana ruangan dengan sejumlah fasilitas yang bisa digunakan untuk para alumni.

Ketua Yayasan STIE Cendekia Karya Utama Semarang, Moh Dwi Kharis Rifai menuturkan, di dalam lembaga atau institusi pendidikan terdapat empat pilar yang mendukung. “Empat pilar itu yakni yayasan, lembaga, alumni, dan pihak atau siapapun yang ikut andil dalam memajukan lembaga pendidikan,” kata Kharis, Selasa (21/12/2021). Alumni, lanjutnya, merupakan satu pilar yang harus diajak kerja sama. Alumni menjadi tolok ukur satu  lembaga kependidikan. Artinya, jika banyak alumni yang berhasil, maka satu lembaga pendidikan dianggap sukses dapat mencetak para mahasiswa yang berkarir di luar.”Jika sudah berhasil kan, kami harap bisa ‘pulang’ ke kampus dan membawa adik-adiknya ikut keberhasilan mereka. Jadi satu keluarga yang solid untuk membantu pengembangan dirinya dan almamater,” jelasnya. Karenanya, pihaknya membangun satu ruangan khusus untuk kegiatan alumni. Ia mempersilakan para alumni untuk mempergunakannya dengan baik. Ia juga meminta agar para alumni rekognisi kampusnya agar memiliki andil dan berkontribusi besar dalam membesarkan almamaternya.

Ketua STIE CKU, Dirgo Wahyono menegaskan, keberadaan alumni menjadi indikator eksistensi satu lembaga. Bersinergi dengan ikatan alumni juga dapat mempermudah tracer study atau studi terhadap lulusan lembaga pendidikan.Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memungkinkan adanya praktisi mengajar di kampus. “Dengan adanya alumni yang sudah bekerja dan menjadi pengusaha, kami bisa bekerja sama dengan alumni yang juga praktisi untuk mengajar. Kami sudah melakukan itu,” tandasnya. Visi dan misi STIE CKU yakni mencetak generasi unggul di bidang sektor logistik. Banyak dari alumni yang bekerja di logistik yang bisa menularkan ilmunya kepada para mahasiswa. Selain bekerja di sektor logisitik, alumni juga ada yang bekerja di ekspor impor, logistik pelayaran. Kemudian, di Jasa Marga, PLN, pemerintah daerah, dan sebagainya.

Ketua Ikatan Alumni STIE CKU Semarang, Samto menyatakan, untuk program kerja ke depan diharapkan bisa berkontribusi terhadap kemajuan institusi dan juga alumni itu sendiri. “Ada sekitar 1.600 alumni yang ada, setelah kami petakan. Program kerja ke depan yakni membuat pojok UMKM, dimana nanti para alumni bisa menggunakan ilmunya terkait konsultasi masalah ekonomi, khususnya UMKM,” kata Samto yang kini bekerja di Kantor Akuntansi Publik

Leave a Comment